Menanggapi pemukulan oleh pemain salahsatu klub di ISL terhadap salah satu supporter


Satu lagi berita yang sedang hangat di belantika sepakbola Indonesia adalah kabar pemukulan oleh sejumlah pemain sepakbola terhadap salahsatu suporter rival dari klub yang bersangkutan (Tidak perlu Menyebutkan pihak-pihak yang berkaitan, hal tersebut hanya akan meperuncing permasalahan diantara suporter kedua klub yang berselisih). Hal ini kemudian dimuat dalam Harian umum Pikiran Rakyat yang secara garis besar berisi pembelaan dari pihak yang disangka melakukan pemukulan.

Belum banyak fakta-fakta yang terungkap mengenai peristiwa yang dapat menyulut emosi suporter - dalam hal ini supporter yang menjadi korban pemukulan. Daripada mengurusi siapa yang salah dan siapa yang benar, lebih baik mereka introspeksi diri baik sebagi supporter maupun sebagai pemain bola (yang katanya profesional). Disatu pihak pemain bola profesional setidakanya memiliki jiwa besar terhadap apa yang diucapkan oleh para supporter ketika melihat aksi mereka dilapangan, anggap saja itu sebagai masukan (walaupun kadang pahit) dibandingkan dengan melakukan pemukulan yang berakibat buruk terhadap masa depan mereka sendiri. Di lain pihak, supporter juga seharusnya mawas diri bahwa perkataan-perkataan yang mengandung unsur hinaan adalah perbuatan yang tidak menyenangkan, mereka juga perlu sadar bahwa bermain sepakbola bukan lah hal yang mudah.

Attitude-attitude seperti inilah yang seharusnya dimiliki oleh semua insan-insan sepakbola di Indonesia. Jangan hanya pandai menghina, menganiaya dan berbuat rusuh. Bagi pemain sepakbola berikanlah tontotan yang menarik kepada penonton. Disisi lain, penonton pun setidaknya memberikan apresiasi positif, bukan dengan cacian atau makian.

Batu-batu kerikil seperti inilah yang menghambat laju perkembangan sepakbola Indonesia di tanah air. Seharusnya kita lebih mawas diri, memikirkan masa depan sepakbola Indonesia, karena Indonesia memilik potensi sepakbola yang luar biasa jika dikembangkan lebih jauh.

Ayo insan-insan sepakbola Indonesia, buktikan kalian bukan perusuh, kalian adalah seniman di lapangan dan diluar lapangan. 

1 Response to "Menanggapi pemukulan oleh pemain salahsatu klub di ISL terhadap salah satu supporter"

Vrans mengatakan...

Berita menarik tentang sepak bola nasional. Kira kira sejauh apa perkembangan menanggapi hukuman pemukulan oleh pemain ya? Salam, Agen Bola

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme